Categories
Uncategorized

Perbandingan Antara Genset Diesel dengan Genset Besin

Generator set atau lebih dikenal dengan genset merupakan alat penting yang harus ada ketika terjadi pemadaman arus listrik. Alat satu ini dapat menghasilkan arus atau daya listrik yang dibutuhkan oleh penggunanya. Di pasaran sendiri, ada banyak tipe genset yang dapat digunakan oleh masyarakat. Genset besin dan genset diesel menjadi tipe genset akhir-akhir ini diminati oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Jika Anda ingin membeli dan memilih tipe genset yang akan digunakan, ada baiknya untuk mengenal perbedaan atau perbandingan yang dimiliki oleh kedua tipe genset tersebut.

Genset diesel terbaik adalah tipe genset yang mesinnya menggunakan solar sebagai bahan bakarnya. Dalam melakukan pembakaran bahan bakar, genset ini dilengkapi dengan mesin diesel. Mesin akan memanfaatkan udara yang telah dikompresi sehingga pembakaran solar dapat terjadi. Genset jenis ini biasa dibekali dengan 2 silinder hingga 16 silinder. Banyaknya silinder tergantung pada tipe dan merk genset. Kelebihan yang dimiliki oleh genset berbahan bakar solar ini adalah memiliki torsi yang besar, harga bahan bajar yang murah, mesin diesel yang tahan banting, efisiensi bahan bakar tinggi dan dapat digunakan dengan kapasitas tinggi. Untuk kekurangannya, genset dapat mengeluarkan suara bising, gas pembuangan genset yang banyak, ukuran genset yang besar dan harga jual genset yang mahal.

Genset bensin merupakan genset yang memanfaatkan bensin sebagai bahan bakar utama. Cara kerja dari genset ini adalah dengan melakukan pembakaran dengan listrik pada tegangan yang tinggi terlebih dahulu. Listrik itulah yang nantinya akan membakar bensin sehingga genset dapat bekerja dengan semestinya. Sama halnya dengan genset diesel, genset bensin juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan dari genset ini adalah tingkat suara bising yang rendah, harga jual genset yang murah dan kinerja horse power yang tinggi. Sedangkan untuk kekurangannya, genset bensin sangat boros akan bahan bakar, daya tahan mesin genset yang rendah, mesin genset yang mudah panas, perawatan genset yang sedikit menyusahkan dan tidak mampu menghasilkan kapasitas arus listrik yang tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *